Breaking

Selasa, 19 November 2019

Merawat Laptop dan Notebook agar awet

https://assets.pcmag.com/

Anda memiliki barang kesayangan berupa Notebook atau PC yang menemani  aktifitas anda sehari-hari, baik bekerja, kuliah, bisnis dsb. Mungkin barang elektronik satu ini merupakan alat yang penting untuk anda dan begitu berguna.Oleh karena itu anda mesti merawat Laptop atau Notebook anda dengan baik dan benar. Beberapa tips agar laptop/notebook anda awet dan tahan lama.
Mungkin tips ini dapat anda gunakan sehari-hari agar penggunaan laptop anda dapat bertahan lama alias awet. Ketika laptop anda terawat maka anda yang menggunakannya pun akan nyaman dan tidak khawatir cepat rusak, beberapa tips  berikut sudah pernah admin lakukan dan hasilnya laptop masih bertahan sampai saat ini dan belum ada kendala kecuali human eror, karena keteledoran.

-Buka Laptop dengan Hati-hati
Awalan adalah sebuah hal yang penting, sehingga saat anda hendak melakukan sebuah pekerjaan dengan laptop atau notebook kesayangan anda, alangkah lebih baiknya anda gunakan atau awali dengan hati-hati. Salah satunya adalah saat anda membuka laptop anda, bukalah dengan pelan dan hati-hati tak usah terburu-buru walau anda sedang membutuhkannya. Ini dapat menghindari dari layar laptop yang cepat rusak dan engsel yang kendor.

-Menggunakan Laptop diatas kasur atau ditempat panas
Anda sering tidak menyadari jika anda sering menggunakan laptop untuk menemani anda sambil tiduran di kasur. Hal ini ternyata kurang baik loh, dan dapat membuat laptop/notebook anda tidak awet. Karena laptop/notebook akan mengeluarkan hawa panas dibagian bawah, sedangkan kasur anda dapat menyerap panas, sehingga kasur menjad terkena panas dan ini mebuat bagian bawah laptop anda menjadi lebih panas. Sehingga hal ini membuat laptop/notebook menjadi tidak awet, karena udara panas mengendap di bagian dalam laptop.

-Mencopot Batrei
Tahukah anda kebiasaan mencopot batrei laptop saat memakainya juga dapat membuat laptop menjadi cepat rusak, karena terkadang tegangan listrik dapat terlalu tinggi sehingga membuat laptop menjadi cepat rusak. Selain itu batrei berfungsi menahan ketika mati lampu sehingga tidak langsung mati dan mesin tidak akan berhenti begitu saja, ketika laptop mati tiba-tiba maka hal tersebut dapat mempengaruhi masa hardisk. Mencopot batrei juga dapat memperpendek umur batrei.

-Tidak dinyalakan seharian
Mungkin terdengar aneh ya, namun tahukah anda, laptop juga layaknya sebuah motor. Sebagaimana mestinya mesin motor harus dipanaskan setiap harinya, karena jika tidak hal tersebut dapat membuat motor juga menjadi rusak dan tidak awet. Begitupun hal nya mesin laptop ia harus dipanaskan minimal dihidupkan sehari 1x agar mesin tetap bekerja dengan baik karena selalu digunakan. Hal ini selalu mimin lakukan dan membuat laptop mimin cukup awet. Jika anda tidak percaya, cobalah simpan laptop anda sebulan di lemari tanpa digunakan, pastinya anda akan menemukan ketidaknyamanan saat hendak menggunakannya. Mungkin windows yang crash, atau bunyi terdengar dll.

-Bersihkan Laptop
Kebersihan dari laptop juga perlu dijaga sehingga tidak terlalu banyak debu menempel sehingga mengganggu kinerja laptop, salah satunya debu di layar, keyboard bagian mesin, yang membuat kinerja kadang terganggu bahkan kadang merusak komponen. Sebagian komponen kadang tidak bisa digunakan. Sehingga anda perlu rutin membersihkannya.

-Hindari Human Eror
Faktor ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat laptop tidak awet dan cepat rusak. Human eror, keteledoran pengguna juga mempengaruhi. Misalnya anda membuka terlalu kasar, jatuh dari meja, terkena cairan tumpah, keinjek dsb. Hal ini memang mimin rasakan sendiri, dimana 2 kali laptop mimin harus ganti LCD karena laptop keinjek dan kedua kalinya jatuh dari meja kesenggol. Yah masih untung LCD ga mesin rusak, tapi walaupun begitu budgetnya tidak sedikit untuk perbaikan komponen loh, LCD saja paling murah 500rb itu KW. Sayang kan uangnya bisa buat yang lain, tapi malah buat benerin kaya gitu doang.

Beberapa hal diatas tips dari admin supaya kalian merawat barang kesayangan anda salah satunya adalah Laptop/Notebook anda dengan baik dan benar. Sehingga masa pakai menjadi panjang. Walaupun mimin tau waktu yang lama juga membuat beberapa komponen akan rusak. Namun kita bisa meminimalisir faktor-faktor kerusakan. Ibarat tubuh kita, kesehatannya juga perlu dijaga supaya sehat dan panjang umur. Semoga tips nya bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar