Breaking

Sabtu, 23 November 2019

Coba Linux Rekomendasi untuk Pemula


OS yang banyak digunakan didunia selain Windows adalah Linux. Teknologi Informasi dari Linux merupakan sebuah OS open source dengan dasar Unix, yang mana sistem operasi tersebut dapat dikembangkan dan dimodifikasi secara terbuka sehingga memberikan akses dan ruang pada pengembang atau developer untuk dapat memberikan penyempurnaan dari linux.

Linux juga dapat dikembangkan oleh siapa saja, nama linux berasal dari nama pembuatnya Linus Torvalds. Linux memiliki sebuah dasar atau Linux From Scratch (LSF) untuk dapat dikembangkan menjadi sebuah distro linux baru. Dari sinilah baru kita dapat menggunakan beberapa distro linux untuk PC.

Linux sebagai OS yang open source tentunya dapat digunakan bebas biaya, walaupun ada linux yang premium. Namun linux ini masih belum masif digunakan, khususnya di Indonesia. Walaupun seperti itu namun linux di negara – negara maju terkadang digunakan sebagai OS bagi perkantoran dan mungkin di Indonesia juga sebagian. Linux mungkin belum masif digunakan, namun linux terkadang menjadi alternatif OS bagi sebagian orang atau dual OS.

Sekarang banyak Linuxer atau Linux Community yang mengembangkan distro – distro linux dengan berbagai varian. Mulai dari linux kerja, linux studio, linux secuirity dsb. Masih banyak jenis dan varian linux yang dikembangkan khusus untuk pengguna dan kalangan tertentu. Karena terkadang pengembang membuat distro linux sesuai community atau sesuai kebutuhan.

Bagi anda yang ingin mencoba distro Linux, mengetes beberapa distro linux atau bahkan ingin berhijrah total menggunakan linux. Anda dapat mencoba beberapa distro linux yang sangat user friendly bagi pengguna pemula. Beberapa Linux Distro untuk pemula :

1.       Ubuntu
https://images.idgesg.net/
Jika anda penggun pemula dari linux kami sarankan anda menggunakan OS Linux Ubuntu. Linux ubuntu ini merupakan sebuah distro yang dikembangkan khusus untuk produktivitas. Ubuntu selain user frindly, namun juga banyak penggunanya, sehingga terdapat banyak forum dukungan ketika anda mengalami kesulitan dalam penggunaannya. Admin sudah menggunakan ubuntu dan mencobanya, dan hasilnya bagus.

2.       Linux Mint
https://linuxmint-installation-guide.readthedocs.io/
Jika anda terbiasa dengan tampilan windows, anda mungkin akan terbiasa dengan satu distro linux ini yaitu Linux Mint. Linux Mint ini mengembangkan linux yang mirip dengan windows dari segi tampilannya. Linux Mint juga merupakan distro Linux yang cocok bagi pemula. Admin sudah mencobanya untuk PC, mudah digunakan dan ringan.

3.       BlankOn
http://www.schoolpouringrights.com/
Linux yang recomended untu pemula juga ada BlankON yang merupakan distro linux asli buatan anak bangsa. Dengan tampilan yang cukup menarik dan mirip ubuntu, jadi jelas user friendly bagi pemula. Blankon ini dikembangkan di Jogja, dan termasuk distro yang cukup dukungan juga di Indonesia. Dan admin sudah mencobanya, hasilnya bagus, apalagi kini sudah dikembangkan sampai BlankOn XI Uluwatu, tentunya OS ini sudah kekinian. Karena pengembang pasti akan memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Dan BlankOn ini ternyata sudah digunakan oleh beberapa perusahaan di Indonesia.

Berikut beberapa daftar linux yang dapat anda gunakan di PC anda, walaupun masih banyak lagi disto lainnya. Namun distro diatas  merupakan rekomendasi admin dan sudah pernah dicoba oleh admin, sehingga admin cukup faham kelebihan dan kekurangan masing – masing distro. Bagi kamu pengguna baru Linux OS mugnkin anda dapat mencobanya. Linux ini ringan jadi anda tak perlu khawatira PC akan menjadi lemot. Linux yang dikembangkan memang khusus untuk pengguna dengan PC spesifikasi low. Bagi anda yang mau menggunakannya silahkan share pengalaman kalian di komentar atau punya rekomendasi lain, juga dapat berbagi dikolom komentar. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar